Posted by: Andi Arsana | February 4, 2009

ICJ decided single maritime boundaries for Romania and Ukraine

Please see ICJ’s judgement here

Sketch Map of maritime boundaries between Romania and Ukraine

Sketch Map of maritime boundaries between Romania and Ukraine

Pada tanggal 3 Februari 2009, Mahkamah Internasional (MI) memutuskan batas maritim antara Romania dan Ukraina. MI memutuskan untuk menetapkan satu garis bagi batas landas kontinen dan ZEE antara kedua negara tersebut di Laut Hitam (Black Sea). Menurut rilis pers yang disampaikan MI di websitenya,  keputusan ini merupakan ‘kompromi’ antara klaim Romania dan Ukraina. Hal ini telihat dari klaim masing-masing dalam peta 1 dibandingkan dengan keputusan MI di peta 9 di rilis pers.

Jika dilihat dari sejarahnya, kasus ini diajukan ke MI pada tanggal 16 September 2004 oleh Romania melawan Ukraina. Selanjutnya, proses hearing dilakukan pada bulan September 2008 untuk memberikan kesempatan masing-masing pihak menyampaikan argumentasinya.

Satu hal yang menarik dari kasus ini adalah bahwa MI memerlukan waktu hampir 5 tahun untuk memutuskan satu kasus batas maritim. Tentu saja ini memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itulah, pengajuan kasus ke MI bukanlah cara terbaik jika negosiasi masih bisa dilakukan.

Silakan baca rincian keputusannya di website Website MI.


Responses

  1. […] tentang Serpents Island yang sedemikian rupa pengaruhnya terhadap delimitasi batas maritim antara Romania dan Ukraina, saya harus tetap menjaga api kompor tetap wajar agar telur dadar tidak gosong. Saat saya […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: