Posted by: Andi Arsana | August 8, 2008

UNEP Shelf Program

Read here for English.

UNEP Shelf Program

UNEP Shelf Program

Artikel 76 nampaknya merupakan salah satu yang paling populer dari Konvensi PBB tentang Hukum Laut. Tenggat waktu bagi negara pantai untuk mengajukan batas terluar landas kontinen ekstensinya semakin dekat, Mei 2009. Sementara itu sebagian negara berkembang dan negara berkembang yang berupa pulau kecil masih mengalami kendala untuk menyelesaikan persiapannya.

Dalam rangka membantu negara berkembang ini, PBB dalam resolusinya tahun 2003 mengharapkan jaringan GRID UNEP agar mengkoordinasi kegiatan terkait kemaritiman, hingga akhirnya dibentuk UNEP Shelf Program. Program ini didukung sepenuhnya oleh Kementrian Luar Negeri Norwegia dengan dana rutin sebesar 9 juta NOK.

Program ini memiliki website yang cukup komprehensi yang dilengkapi dengan hal mendasar hingga canggih seputar landas kontinen ekstensi. Selain itu, website ini juga memuat data geospasial dalam jumlah dan cakupan yang sangat baik. Salah satu yang menarik adalah dimuatnya http://maps.continentalshelf.org/Run.htm hampir seluruh dunia termasuk batas maritim yang sudah disetujui. Silakan pelajari lebih dalam tentang program ini di websitenya.

Selanjutnya dapat melakukan sesuatu terutama terkait penelitian


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: